Beranda | Artikel
Lebih Baik Qurban 1 Kambing ataukah Patungan 1/7 Sapi?
Jumat, 19 Mei 2023

Manakah yang lebih dipilih qurban 1 kambing ataukah patungan 1/7 sapi? Manakah yang lebih utama sehingga pahalanya lebih besar?

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

أَنَّ اَلنَّبِيَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يُضَحِّي بِكَبْشَيْنِ أَمْلَحَيْنِ, أَقْرَنَيْنِ, وَيُسَمِّي, وَيُكَبِّرُ, وَيَضَعُ رِجْلَهُ عَلَى صِفَاحِهِمَا. وَفِي لَفْظٍ: ذَبَحَهُمَا بِيَدِهِ – مُتَّفَقٌ عَلَيْه ِ  . وَفِي لَفْظِ: – سَمِينَيْنِ –  وَلِأَبِي عَوَانَةَ فِي “صَحِيحِهِ” : – ثَمِينَيْنِ – . بِالْمُثَلَّثَةِ بَدَلَ اَلسِّين

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berqurban dengan dua kibas (domba) putih yang bertanduk, lalu beliau mengucapkan nama Allah dan bertakbir, dan beliau meletakkan kedua kakinya di leher kedua kibas tersebut (saat menyembelih). Dalam lafazh lain disebutkan bahwa beliau menyembelihnya dengan tangannya (Muttafaqun ‘alaih) . Dalam lafazh lain disebutkan, “Saminain, artinya dua kibas gemuk.” Dalam lafazh Abu ‘Awanah dalam kitab Shahihnya dengan lafazh, “Tsaminain, artinya  kibas yang istimewa (berharga).” (HR. Bukhari, no. 5565 dan Muslim, no. 1966)

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata,

أَمَرَ بِكَبْشٍ أَقْرَنَ, يَطَأُ فِي سَوَادٍ, وَيَبْرُكُ فِي سَوَادٍ, وَيَنْظُرُ فِي سَوَادٍ; لِيُضَحِّيَ بِهِ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memerintahkan agar diambilkan kibas (domba) bertanduk, kuku dan perutnya hitam, dan sekeliling matanya hitam. Lalu kibas tersebut dibawa ke hadapan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk dijadikan qurban.” (HR. Muslim, no. 1967)

Dari dua hadits di atas, ciri-ciri hewan yang terbaik untuk qurban adalah: (1) gemuk, (2) warna putih atau warna putih lebih mayoritas, (3) berharga, (4) bertanduk, (5) jantan, (6) berkuku dan berperut hitam, dan (7) sekeliling mata hitam.

Namun, berqurban dengan hewan yang tidak bertanduk tetap sah. Begitu pula, berqurban dengan hewan betina juga sah.

 

Afdal sapi ataukah kambing untuk qurban?

  • Dilihat dari sisi penumpahan darah

Satu kambing lebih afdal dari patungan unta atau sapi karena satu kambing berarti bersendirian dalam penyembelihan atau penumpahan darah.

  • Dilihat dari sisi banyaknya daging

Umumnya daging unta lebih banyak daripada daging sapi, daging sapi lebih banyak daripada daging kambing.

  • Dilihat dari sisi enaknya daging

Daging domba lebih enak dari kambing jawa (ma’iz).

  • Dilihat dari sisi banyaknya darah yang keluar

Tujuh kambing lebih utama dari satu unta atau satu sapi.

  • Dilihat dari sisi warna

Urutan warna yang afdal adalah putih, lalu kuning, lalu abu-abu, lalu merah, lalu balqa’ (belang-belang, hitam-putih), lalu hitam. Lihat Hasyiyah Al-Baajuuri, 4:367.

 

Jawaban lengkapnya ada di video instagram berikut ini.

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Muhammad Abduh Tuasikal (@mabduhtuasikal)

Bahasan ini diambil dari buku FIKIH QURBAN, AQIQAH, DAN SUNNAH SAAT BAYI LAHIR, bisa dipesan link Ruwaifi Store atau ke 085200171222.

 

Jumat Kliwon, 28 Syawal 1444 H

Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Rumaysho.Com


Artikel asli: https://rumaysho.com/36740-lebih-baik-qurban-1-kambing-ataukah-patungan-1-7-sapi.html